Pages

Kamis, 09 Oktober 2014

Aisha Ja’fari Pilot Pertama Perempuan Arab Saudi



Aisha Ja’fari telah berhasil memperoleh lisensi penerbangan pesawat sekaligus menahbiskan dirinya  sebagai wanita Saudi pertama yang lulus tes profesional dari Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA).

Ja’fari adalah perempuan pertama yang lulus dari sembilan perempuan Saudi lainnya yang mengikuti tes penerbangan pesawat. Sisanya, delapan perempuan masih menjalani ujian akhir.

Mengomentari prestasi Ja’fari ini, Saleh Bogary, wakil presiden operasi penerbangan carter di Nexus Flight Operations Services mengatakan bahwa, GACA telah menyetujui pendidikan penerbangan untuk perempuan sekitar setahun yang lalu setelah adanya proposal yang diajukan oleh pihak akademi, yang menerima banyak permintaan dari pemudi-pemudi Saudi yang tertarik pada profesi pilot.

“Aisha dan rekan perempuannya lainnya akan bekerja di wilayah khusus yang disiapkan untuk memberikan informasi yang diperlukan pilot sebelum lepas landas. Ini adalah momen spesial karena menandai masuknya perempuan Saudi dalam dunia penerbangan yang sensitif dan sangat teknis.”

Ja’fari mengungkapkan, kecintaannya untuk bekerja di bidang penerbangan telah mendorong dirinya untuk mendaftar dan mendapatkan lisensi sebagai pilot.

“Kami dilatih secara intensif selama tiga bulan. Respon cepat dari para peserta di luar dugaan. Bidang ini sangat bergantung pada informasi yang tepat dan terminologi yang membutuhkan konsentrasi. Meskipun kami semua merasa kesulitan, pelatihan ini telah mendorong kami untuk mencapai standar yang diperlukan,” katanya. Ja’fari juga mengusulkan untuk membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi perempuan yang ingin bekerja di sektor penerbangan.

0 komentar:

Posting Komentar